Algoritma dan Flowchart
Algoritma dan Flowchart
Assalamu'alaikum wr. wb.
Dasar Pemrograman dan Algoritma
OBJECTIVE
Setelah menyelesaikan bab ini, anda diharapkan dapat :
∆ Mengerti tentang Algoritma
∆ Membuat Algoritma dari suatu permasalahan
∆ Mengerti tentang Flowchart
∆ Membuat Flowchart dari suatu permasalahan
TAHAPAN PEMBUATAN PROGRAM
∆ Mendefinisikan masalah dan menganalisanya. Mencakup :
- Tujuan pembuatan program,
- Parameter yang digunakan,
- Fasilitas yang disediakan,
- Algoritma yang diterapkan, dan
- Bahasa yang digunakan.
∆ Merealisasikan dengan langkah langkah sebagai berikut :
ALGORITMA
• Adalah inti dari ilmu komputer.
• Algoritma adalah urutan urutan dan instruksi atau langkah langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.
• Algoritma adalah blueprint dari program.
• Sebaiknya disusun sebelum membuat program.
• Kriteria suatu Algoritma :
- Ada Input dan Output
- Efektivitas dan Efisien
- Terstruktur
CONTOH ALGORITMA 1
Mengirim surat kepada teman :
1. Tulis surat pada secarik kertas surat,
2. Ambil sampul surat,
3. Masukkan surat kedalam sampul,
4. Tutup sampul surat menggunakan perekat,
5. Jika kita ingat alamat teman tersebut, maka tulis
alamat pada sampul surat,
6. Jika tidak, lihat buku alamat kemudian tulis alamat
pada sampul surat,
7. Tempel perangko pada sampul surat,
8. Bawa surat ke kantor pos untuk di poskan.
CONTOH ALGORITMA 2
Menentukan akar bulat positif dari bilangan bulat (Integer) positif a :
1. Masukkan bilangan bulat positif a,
2. Berikan harga awal X sama dengan 1,
3. Hitung Y sebesar X*X
4. Jika Y sama dengan a, maka cetak Y sebagai akar
dari a. Selesai,
5. Tambah nilai X dengan 1,
6. Pergi ke langkah 3.
CONTOH ALGORITMA 3
Menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau genap :
1. Masukkan sebuah bilangan sembarang,
2. Bagi bilangan tersebut dengan bilangan 2,
3. Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2,
4. Bila sisa hasil sama dengan nol (0), maka bilangan
itu adalah bilangan genap. Tetapi bila sisa hasil
bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah
bilangan ganjil.
FLOWCHART
+ Bagian bagian yang mempunyai arus yang
menggambarkan langkah langkah penyelesaian
suatu masalah
+ Merupakan cara penyajian dari suatu Algoritma
+ Ada 2 macam Flowchart :
- System Flowchart => Urutan proses dalam
system dengan menunjukkan alat media
Input, Output serta jenis media penyimpanan
dalam proses pengolahan data.
- Program Flowchart => Urutan instruksi yang
digambarkan dengan simbol tertentu untuk
memecahkan masalah dalam suatu program.
Contoh Flowchart :
OBJECTIVE
Setelah menyelesaikan bab ini, anda diharapkan dapat :
∆ Mengerti tentang Algoritma
∆ Membuat Algoritma dari suatu permasalahan
∆ Mengerti tentang Flowchart
∆ Membuat Flowchart dari suatu permasalahan
TAHAPAN PEMBUATAN PROGRAM
∆ Mendefinisikan masalah dan menganalisanya. Mencakup :
- Tujuan pembuatan program,
- Parameter yang digunakan,
- Fasilitas yang disediakan,
- Algoritma yang diterapkan, dan
- Bahasa yang digunakan.
∆ Merealisasikan dengan langkah langkah sebagai berikut :
ALGORITMA
• Adalah inti dari ilmu komputer.
• Algoritma adalah urutan urutan dan instruksi atau langkah langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.
• Algoritma adalah blueprint dari program.
• Sebaiknya disusun sebelum membuat program.
• Kriteria suatu Algoritma :
- Ada Input dan Output
- Efektivitas dan Efisien
- Terstruktur
CONTOH ALGORITMA 1
Mengirim surat kepada teman :
1. Tulis surat pada secarik kertas surat,
2. Ambil sampul surat,
3. Masukkan surat kedalam sampul,
4. Tutup sampul surat menggunakan perekat,
5. Jika kita ingat alamat teman tersebut, maka tulis
alamat pada sampul surat,
6. Jika tidak, lihat buku alamat kemudian tulis alamat
pada sampul surat,
7. Tempel perangko pada sampul surat,
8. Bawa surat ke kantor pos untuk di poskan.
CONTOH ALGORITMA 2
Menentukan akar bulat positif dari bilangan bulat (Integer) positif a :
1. Masukkan bilangan bulat positif a,
2. Berikan harga awal X sama dengan 1,
3. Hitung Y sebesar X*X
4. Jika Y sama dengan a, maka cetak Y sebagai akar
dari a. Selesai,
5. Tambah nilai X dengan 1,
6. Pergi ke langkah 3.
CONTOH ALGORITMA 3
Menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau genap :
1. Masukkan sebuah bilangan sembarang,
2. Bagi bilangan tersebut dengan bilangan 2,
3. Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2,
4. Bila sisa hasil sama dengan nol (0), maka bilangan
itu adalah bilangan genap. Tetapi bila sisa hasil
bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah
bilangan ganjil.
FLOWCHART
+ Bagian bagian yang mempunyai arus yang
menggambarkan langkah langkah penyelesaian
suatu masalah
+ Merupakan cara penyajian dari suatu Algoritma
+ Ada 2 macam Flowchart :
- System Flowchart => Urutan proses dalam
system dengan menunjukkan alat media
Input, Output serta jenis media penyimpanan
dalam proses pengolahan data.
- Program Flowchart => Urutan instruksi yang
digambarkan dengan simbol tertentu untuk
memecahkan masalah dalam suatu program.
Contoh Flowchart :
Komentar
Posting Komentar