Troubleshooting pada komputer

Assalamu'alaikum wr. wb. 

Hari ini, ada materi tentang troubleshooting. Ada yang tau, apa itu Troubleshooting? Troubleshooting ada 2 jenisnya yah teman teman yaitu Troubleshooting Hardware dan Troubleshooting Software. 

Troubleshooting hardware biasanya ditandai dengan komputer tidak dapat menyala, monitor mati dan lain sebagainya. Sedangkan troubleshooting software ditandai dengan lambatnya kinerja komputer dan lain-lain. Dan kali ini kita akan membahas tentang Troubleshooting Hardware. 


Saya telah menyaksikan guru pepmbimbing saya yang mencoba untuk memperbaiki sebuah CPU salah satu komputer yang terjadi sebuah masalah atau kerusakan. 

Pada penjelasan beliau, kita tidak memerlukan banyak alat untuk memperbaiki CPU tersebut. Bahkan beliau juga mengatakan, kita juga bisa membuka jasa servis hanya dengan bermodalkan satu obeng. 

Dalam penjelasan beliau, pada awal memperbaiki CPU tersebut ada membuka nya:') 

Setelah terbuka, beliau mengecek setiap inci pada komponen komponen tersebut. Beliau juga mengukur tegangan PSU melalui kabel Power Suply menggunakan avometer. Beliau mengatakan, biasanya daya pada PSU pada umumnya 12 volt dan jika sesuai dengan tabel PSU, maka PSU tersebut normal dan tidak ada kerusakan pada PSU. 

Beliau juga mengatakan, pada umumnya kerusakan pada CPU terjadi pada RAM, baterai CMOS dan PSU. 
Jika terjadi kerusakan pada CMOS, maka baterai CMOS dilepaskan. 

Dan jika kerusakan terjadi pada RAM, hal yang harus dilakukan adalah membersihkan Pin RAM dengan sebuah penghapus atau dengan kain jika tidak menemukan penghapus. 

Jika dirasa sudah bersih, maka RAM bisa dipasang kembali. Lalu rapikan semuanya, dan kita bisa mengetesnya apakah CPU tersebut sudah bisa digunakan. 

Baiklah, materi kali ini sudah selesai sampai disini. Mohon maaf apabila ada kesalahan yang saya perbuat. Sekian, terimakasih. 

Wassalamu'alaikum wr. wb. 

Komentar

Postingan Populer