PRINTER- pengertian, jenis jenis printer, jenis kabel konektor, jenis tinta

 Assalamu'alaikum wr. wb.


Halo semuanya! Apa kabar? Semoga semuanya masih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit ya! Oh ya, kali ini di blog ini aku bakal bahas tentang printer. Siapa sih yang gak tau printer? Pasti semuanya udah nggak asing dengan teknologi satu itu benar kan. Jadi kita mulai materinya dari sini~


Pengertian

Printer adalah alat yang digunakan untuk menyajikan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik di atas kertas. Terbagi atas beberapa bagian, yaitu penggetil (picker) sebagai alat mengambil kertas dari baki (tray).  Baki ialah tempat menata kertas.


Jenis jenis printer

1. Printer Dot Matrix.

Merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakan. Hasil percetakan printer dengan dot matrix agak kasar dan kurang bagus.


2. Printer Ink Jet

Merupakan alat cetak yang menggunakan tinta untuk mencetak. Berkemampuan untuk mencetak sampai ukuran kertas yang sangat besar, dan dengan kualitas yang sangat baik.


3. Printer Laser

Merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa di sebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. Hasil cetak yang lebih bagus, juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering.


4. Printer LED/LCD.

Pada dasarnya jenis printer LED/LCD ini hampir sama dengan printer laser tetapi tidak menggunakan laser untuk membuat pola pada drumnya melainkan menggunakan cahaya. Printer LED/LCD menggunakan light-emitting diode. Printer ini menghasilkan kualitas cetak yang sangat tinggi baik itu teks maupun grafis.


5. Plotter / Wide Format

Plotter merupakan Printing salah satu peralatan outputnya dapat mencetak grafis pada surface kertas, vinyl, Sticker, dan berbagai bahan lainnya dalam ukuran besar dengan hasil yang memuaskan. 

Jenis printer ini keakuratan pencetakan sangatlah dapat diandalkan. Ada 2 jenis printer plotter yakni flatbed plotter dan drum plotter.


6. Printer DTG (Direct to Gament).

Merupakan salah satu bentuk modifikasi atau pengembangan dari sablon warna manual menjadi printing kaos digital untuk dapat mencetak t-shirt / Kaos & kain secara langsung tanpa perantara(tanpa kertas). Printer DTG mempermudah para penjual kaos-kaos satuan untuk bisnis distro. Jenis tinta yang digunakannya adalah jenis tinta textil


7. Printer Cutting (Pemotong)

Alat yang berfungsi untuk memotong stiker berdasarkan gambar/outline yang dibuat dari vector dengan aplikasi pengolah grafis seperti Corel draw, illustrator dan freehand. Bisa dalam bentuk tulisan, outline suatu hasil cetak dari mesin digital printing maupun outline motif tertentu. Umumnya menggunakan media stiker dengan beragam warna, merk dan jenis. Ada juga yang menggunakan karton terutama di mesin cutting flatbed untuk membuat patron atau pola.



Jenis kabel konektor printer

1. Kabel Printer LPT (Line Print Terminal).

Istilah lain yang sering digunakan untuk menyebut LPT Port adalah Parallel Port. Komunikasi yang digunakan oleh LPT adalah komunikasi paralel yang berjalan lebih cepat dari komunikasi serial karena jumlah bit yang dikirimkan bersamaan dalam suatu waktu oleh komunikasi paralel lebih banyak daripada komunikasi serial.


2. Kabel USB Type B.

  • Secara umum, pada sebuah kabel USB konektor USB Type-B ini berpasangan dengan konektor USB Type-A. Seperti yang sering kita temukan pada printer atau scanner. Kabel USB Type-B ini memiliki 3 ukuran Standar, yaitu Standart, Mini dan Micro dengan versi USB 2.0.
  • USBType-B Standar
  • Lebih sering jenis kabel USB ini digunakan pada perangkat yangc cukup besar yang dihubungkan ke PC.
  • USB Type-B Mini
  • Memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari ukuran USB Type-B Standar. Biasanya digunakan pada kabel USB digital kamera, smartphone dan hardisk portabel.
  • USBType-B Micro. 
  • Memilikiukuran yang lebih kecil dari USB Type-B Mini.


Jenis tinta printer

1. TINTA PRINTER PIGMENT (DURABRITE)

Jenis tinta berkualitas karena bisa mencetak dokumen dalam bentuk tulisan atau gambar dengan hasil yang sangat tajam. Bersifat pekat dan tahan air karena dibuat dengan bahan air, Colorant Pigmentm, Diluent dan juga komponen lainnya yang membuat Durabrite menjadi tinta cetak yang berkualitas tinggi. Hasil cetak yang Anda dapatkan tahan lama. Tinta ini bisa digunakan mencetak pada semua jenis kertas, namun gunakan tinta ini dalam waktu yang tepat.


2. TINTA PRINTER DYE BASE.

Tinta printer Dye Base merupakan tinta yang terbuat dari bahan air dan colourant. Tinta ini bisa mengendap pada head cartridge, dengan harga yang terjangkau dan hasil cetak yang bagus. Banyak digunakan untuk jenis printer standard dengan hasil cetak yang cukup bagus dan warna yang lebih cerah. Namun hasil cetak dari tinta ini kurang pekat dan tidak tahan air jika dicetak di kertas biasa (HVS). Tinta ini juga mudah luntur dan warnanya gampang pudar.


3. TINTA PRINTER SOLVENT.

Jenis tinta printer yang sangat baik kualitasnya. Tahan air dan sinar matahari lebih lama. Terbuat dari cat duco dan bahan berkualitas lainnya. Sering digunakan untuk mencetak spanduk, banner, neonbox, billboard dan outdoor printing lainnya. Sangat baik untuk outdoor printing. Memiliki bau cukup menyengat dibanding tinta lainnya.


4. TINTA PRINTER ECO SOLVENT.

Memiliki kualitas yang mirip dengan tinta Solvent, namun tinta EcoS Solvent tidak begitu tahan terhadap sinarm matahari sehingga hanya cocok digunakan untuk indoor printing. Tinta ini memiliki bau yang tidak terlalu menyengat dibandingkan dengan tinta Solvent.


5.  TINTA PRINTER SUBLIM.

Tinta printer yang sering digunakan untuk printer infus. Juga digunakan untuk mencetak baju atau kaos, keramik, bahan-bahan sablon, mud dan jenis lainnya. Dibuat dari bahan diluent, pewarna, minyak dan bahan lainnya sehingga sangat tahan lama.


6. TINTA PRINTER PIGMENT ART PAPER

Jenis tinta yang digunakan untuk mencetak kertas art papet/ivory yang memiliki gambar full colour. Bisa digunakan untuk mencetak dalam skala besar maupun kecil. Juga bisa digunakan untuk mencetak di atas kertas art paper/ivory.


7. TINTA PRINTER SERBUK.

Toner atau tinta bubuk adalah serbuk yang digunakan pada pencetak laser dan mesin fotokopi untuk membentuk cetakan teks dan gambar pada kertas. Serbuk awal yang digunakan adalah karbon biasa. Namun, untuk meningkatkan mutu cetakan, bahan yang digunakan adalah campuran karbon dengan polimer. Partikel-partikel pada tinta bubuk meleleh karena panas pada pelebur (fuser), dan kemudian melekat pada kertas.


Nah, gimana? Udah daper ilmu baru kan ya? Semoga bermanfaat yah:)


Wassalamu'alaikum wr. wb.

Komentar

Postingan Populer