masalah saat dan setelah merakit komputer

Assalamu'alaikum wr. wb.

Ketemu lagi nih di blog ini! Kalian pasti pernah melakukan atau bahkan setidaknya melihat seseorang merakit komputer? Dan dalam merakit komputer pasti ada saja masalah yang terjadi baik saat perakitan ataupun saat menginstal komputer tersebut. Apa kalian tahu apa saja masalah masalahnya? Dan bagaimana solusinya?


 Nah, untuk kali ini kita akan membahas tentang masalah saat merakit komputer, masalah saat menginstal komputer dan juga bagaimana cara mengatasinya. Bagi seorang servis elektronik, kalian harus mengerti dengan baik tentang masalah masalah komputer dan cara mengatasinya. Jadi kalian simak saja penjelasan di bawah ini.

Masalah perakitan komputer

1. Komputer tidak mau menyala
Nah, dalam masalah perakitan konputer terkadang komputer tidak mau menyala saat selesai di rakit. Ada beberapa sebab. Jika itu bukan unit baru, mungkin memang sudah terjadi kerusakan pada komponennya. Namun jika itu merupakan unit baru, kecil kemungkinan jika komponen komputer tersebut rusak. Kalian hanya harus mengamati dengan lebih teliti lagi, terkadang ada beberapa komponen yang penempatannya salah dan berakibat komputer tidak mau menyala.

2. Disk Boot Failure
Masalah ini memang menjadi hal yang sering terjadi pada saat merakit komputer. Kegagalan dalam booting terkadang disebabkan oleh harddisk atau CD yang tidak terdeteksi oleh komputer. Sebelum itu, kita harus tau sistem yang di gunakan dalam proses booting ini pada Harddisk atau CD. Ada 2 kemungkinan yang menyebabkan CD-ROM tidak terdeteksi. Pertama, mungkin konfigurasi yang berbenturan (sama) denfan penfaturan Harddisk, misal kita atur menjadi Master Primary, sedangkan Harddisk memiliki konfigurasi yang sama. Hal ini menyebabkan CD-RON tidak berfungsi. Jika terjadi seperti itu, segera lakukan pengaturan jumper atau pisahkan kabel data Harddisk dan CD-ROM. Kesalahan tidak akan terjadi jika kalian menggunakan kabel SATA. Kedua, buruknya koneksi kabel data CD-ROM ke motherboard atau kabel supply. Lepas koneksi lalu periksa pin yang ruaak, apabila kondiai baik maka pasang kembali dengan port yang berbeda untuk menghindari kemungkinan kerusakan port.

3. Suara atau Sound tidak ada
Masalah seperti ini sering sekali terjadi pada komputer baru. Ada beberapa masalah dancara mengatasinya. Pertama, jika kalian membeli sound card, pastikan kalian mendapat CD-Drivernya. Jika Sound card Onboard, maka CD-Driver bisa di dapatkan pada CD-Driver motherboard. Kalian bisa lakukan instal otomatis atau manual. Kedua, perhatikan ketiga port audio komputer kalian. Port warna hijau untuk out/keluar suara melalui speaker arau headset. Jika salah memasang konektor, suara tidak akan keluar. Coba gunakan speaker lain.

4. Masalah Pada Power Supply 
Jika setelah dihidupkan PC tidak bereaksi apa-apa, tidak ada tampilan di monitor, tidak ada lampu indikator (LED) yang menyala, kipas power supply tidak berputar, lampu indikator pada monitor tidak menyala. Periksalah apakah kabel terhubung dengan benar dan steker terpasang dengan baik pada soketnya, periksa juga apakah ada tombol on/off dibelakang tepatnya dibelakang Power Supply sudah dalam posisi On, Jika sudah yakin terpasang dengan benar tapi tetap tidak ada respon untuk meyakinkan silahkan anda ganti kabel power dengan yang anda yakini bagus. Masalah terjadi karena tidak adanya tegangan listrik yang masuk, kerusakan ada pada kabel power.

5.Masalah Pada Mother Board
Setelah dihidupkan, tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator (led) di panel depan menyala, lampu indikator (led) monitor berkedip-kedip, kipas power supply dan kipas procesor berputar, tidak ada suara beep di speaker. Langkah pertama lepas semua kabel power yang terhubung ke listrik, kabel data ke monitor, kabel keyboad/mouse, dan semua kabel yang terhubung ke CPU, kemudian lepas semua sekrup penutup cashing. Dalam keadaan casing terbuka silahkan anda lepaskan juga komponen-komponen lainnya, yaitu kabel tegangan dari power supply yang terhubung ke Motherboard, harddisk, floppy, hati-hati dalam pengerjaannya jangan terburu-buru. Begitu juga dengan Card yang menempel pada Mboard (VGA, Sound atau Card lainnya). Sekarang yang menempel pada cashing hanya MotherBoard saja. Silahkan anda periksa Motherboadnya dengan teliti, lihat Chip (IC), Elko, Transistor dan yang lainnya apakah ada yang terbakar. Jika tidak ada tanda-tanda komponen yang terbakar kemungkinan Motherboard masih bagus, tapi ada kalanya Mboard tidak jalan karena kerusakan pada program yang terdapat di BIOS.

6.CPU mengeluarkan suara Beep .
CPU mengeluarkan suara Beep beberapa kali di speakernya dan tidak ada tampilan ke layar monitor, padahal monitor tidak bermasalah. Bunyi Beep menandakan adanya pesan kesalahan tertentu dari BIOS, Bunyi tersebut menunjukan jenis kesalahan apa yang terjadi pada PC. Biasanya kesalahan pada Memory yang tdk terdeteksi, VGA Card, yang tidak terpasang dengan baik, Processor bahkan kabel data Monitor pun bisa jadi penyebabnya. Silahkan anda periksa masalah tersebut.

7. Lampu power tidak menyala, kipas pendingin power supply berputar tetapi system tidak mau hidup 
Ada dua kemungkinan penyebabnya. Pertama suplai tegangan listrik dari rumah Anda terlampau rendah, atau kemungkinan kedua, terjadi kerusakan pada output power supply yang ada di CPU Anda. Cara mengatasinya adalah, Pastikan terlebih dahulu bahwa suplai tegangan cukup. Tegangan yang terlalu kecil akan membuat power supply tidak dapat berfungsi normal. Gunakan voltmeter untuk mengukur tegangan output yang keluar dari power supply. Biasanya, tegangan output dari kabel power supply berukuran +5 volt. Bila sinyal voltase tidak terdeteksi atau terlampau lemah, kemungkinan kerusakan ada pada power supply. Ganti power supply di CPU Anda.

8. Setelah POST berlangsung, system menginformasikan adanya error pada hardware
Kabep CPU fan terpasang pada tempat yang salah. Meskipun CPU fan menunjukkan tanda berputar, beberapa motherboard mesyaratkan kabel CPU fan terpasang pada tempat yang benar. Pada motherboard, terdapat beberapa tempat untuk memberi daya listrik pada CPU fan yang bentuknya sama. Tetapi bila kita amati lebih teliti pada board, ada tulisan yang menandakan, bahwa colokan tersebut berlabel CPU fan atau Power fan. Kabel CPU fan harus terhubung ke colokan CPU fan, bukan Power fan. Tindakannya adalah periksa buku manual dan amati tulisan pada motherboard. Pastikan bahwa kabel tercolok dengan benar pada CPU fan dan bukan pada Power fan.

9.Komputer Sering Crash
Jika komputer kalian mengalami crash setelah perakutan. Kalian perlu mengecek semua posisi kabel, hardware, dan juga tegangan pada casing, cek suhu pada CPU dan jua cek ram, processor dan juga vga.

10. Menambah RAM Tapi Tidak Terdeteksi

Jika terjadi, maka atasi dengan cara lakukan pengecekan. Pastikan slot yang dipakai sesuai, misalnya : SD RAM memiliki slot yang hampir sama dengan RD RAM tetapi RD RAM, tidak bisa terdeteksi meskipun bisa dipasang pada slot jenis SD RAM.



Masalah saat meng-instal komputer

1. Masalah BIOS
Hati-hati dalam Update Bios, ketika meng-Update anda keliru memilih versi Bios, PC jadi tidak jalan bahkan anda tidak dapat masuk ke BIOS. Biasanya Update tidak dapat dibatalkan, hanya jenis Motherboard tertentu yang memiliki backup BIOS pada Chip-nya, Disitu tersimpan jenis asli BIOS yang tidak dapat dihapus, untuk dapat merestore-nya anda tinggal memindahkan Posisi Jumper khusus yang biasanya sudah ada petunjuk di buku manualnya. Kemudian hidupka PC dan tunggu 10 detik, BIOS yang asli telah di Restore, kembalikan Posisi Jumper pada posisi semula, dan PC siap dijalankan kembali. Jika Motherboard tidak memiliki pasilitas tersebut, Chip BIOS harus dikirim ke Produsen, Jenis BIOS dapat anda lihat di buku manualnya. Berhati-hati dalam pemasangannya jangan sampai kaki IC BIOS patah atau terbalik Posisinya.

2. Lupa Password BIOS

Jika kalian lupa password bios, kalian bisa mengatasinya ddengan cara cabut batterey cmos pada cpu atau dengan cara mencoba menebak berapa password default untuk beberapa produsen bios misalkan AMI dan AWARD (contoh : A.M.I, AMI, AMI_SW, ALLY, 589589 dll)

3. Tidak Dapat Login Secara Otomatis menggunakan Akun Microsoft

Tidak dapat menggunakan fasilitas ‘login otomatis’ menggunakan akun Microsoft (baru). Berharap tidak perlu mengetikkan kata sandi setiap kali masuk ke Windows 10. Caranya yaitu Login secara otomatis menggunakan akun Microsoft dinonaktifkan di Windows 10, dan untuk mengaktifkan fitur ini, ikuti langkah-langkah ini:
  • Tekan tombol Win + R untuk membuka dialog Run
  • Ketik “netplwiz” dan tekan OK
  • Di jendela yang terbuka, klik pada akun yang Anda inginkan untuk mengaktifkan login otomatis.
  • Hapus centang pada opsi ‘Users must enter a username and password to use this computer’ dan klik OK
  • Masukkan password akun dua kali dalam dialog baru, dan klik OK untuk mengaktifkan login otomatis dan coba login secara otomatis sekarang – itu akan berfungsi kembali

4.  Tidak terjadi booting saat instal ulang

Mengapa saat kita sudah memasukan CD/flashdisk yang berisi installer dari sistem operasi namun tidak terjadi proses booting untuk instal ulang? Karena saat proses setup pada BIOS kita sering melupakan pergantian untuk primary device yang berisi instalasi OS. Kita harus merubah primary device tersebut ke mode flashdrive/ CD/DVD ROM yang berisi file installer OS.


5. Peringatan VirtualBox "Fatal Error & Cannot Bootable"
Pada VirtualBox, terdapat peringatan “Fatal Error & Cannot Bootable”. Mengapa dapat terjadi hal tersebut? Software terbaru yang akan kita instal terlalu berat dan RAM yang kita miliki kurang memadai.


6. Instalasi tiba tiba berhenti
Mengapa proses instalasi terhenti di tengah-tengah proses dan bagaimana solusinya? Kita sering men-download file .iso dari Operating System (Windows/Ubuntu), kita merasa sudah menyelesaikan download file OS kita, namun terkadang terdapat file yang corrupted atau belum selesai saat proses download, walaupun size/ukuran dari file yang kita download sudah full, namun terkadang masih saja terdapat komponen-komponen dalam file tersebut yang belum ter-download. Hal itu yang dapat menyebabkan proses instalasi terhenti dikarenakan file yang corrupted.

7. Proses instal ulang lamban
 Proses instal ulang sistem operasi terkadang terasa sangat lamban, bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Hal ini sering terjadi, seseorang selalu ingin membaharui software juga sistem operasi mereka untuk menjadi yang lebih ter-update. Namun, seseorang terkadang lupa untuk mengetahui dan memahami spesifikasi dari laptop/PC yang dimilikinya. Hal tersebut yang dapat mempengaruhi saat instalasi selesai, dimana hardware tidak mampu mengimbangi software yang terus update.

8. Flashdisk berisi file iso/CD-DVD saat akan instal ulang
Mengapa terkadang saat akan melakukan instal ulang operating system, flashdisk yang sudah berisi file .iso ataupun CD/DVD instalasi sudah dimasukkan ke laptop/PC tetap tidak terjadi proses instal ulang? Karena seringnya melupakan hal kecil, yaitu kurang cepatnya kita dalam menekan tombol F2 atau Del yang merupakan tombol untuk masuk ke boot setting. Jadi, tidak ada proses booting dan setting yang kita lakukan dan akan terus masuk ke desktop awal. Solusi dari permasalahan ini adalah kita harus sigap dan refleks kita harus bagus.

9. Fitur tidak dapat di gunakan setelah penginstalan
Terkadang saat kita sudah selesai untuk penginstalan sistem operasi, terdapat fitur-fitur yang tidak dapat dipakai? Karena kita belum mengaktifasi OS yang kita instal ke dalam versi yang lengkap / full version.

10. proses instal ulang Ubuntu lamban
Mengapa proses instal ulang Ubuntu terasa sangat lamban? Hal tersebut bisa terjadi bila kita mengaktifkan pilihan untuk download third-party ataupun download update untuk fitur-fitur dalam Ubuntu.


Nah! Selesai sudah blog untuk kali ini. Semoga bisa menbantu kalian semuanya. Sekian, terimakasih.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Komentar

  1. Kalau Mother Board apa bisa leptop bisa menyala? Poin 5 mohon di jelaskan kan.

    Jika tanpa Proses instal ulang lamban apa bisa dengan cara lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa yang anda maksut itu jika tidak ada motherboard pada PC komputer? Jika komputer tidak memiliki motherboard, tentu saja komputer tidak akan menyala bahkan untuk beroperasi.

      Hapus
  2. Lalu pada poin 5 untuk penginstalan. Maksutnya saat kita mencoba menginstal suatu aplikasi pada VirtualBox dan terdapat tulisan "Fatal Error & cannot Bootable" itu berarti aplikasi tersebut memiliki penyimpanan yang besar dan RAM pada PC anda tidak memumpuni.

    Sekian penjelasannya, semoga bermanfaat dan membantu anda. Terimakasih sudha mau mampir

    BalasHapus
  3. point 1 saat merakit komputer, menurut saya itu sudah bukan dalam proses merakit komputer dan seharusnya tidak di masukkan dalam proses merakit komputer.
    terimakasih, mohon penjelasannya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer