Pengertian E-BOOK, fungsi, tujuan dan format format didalamnya.

Assalamu'alaikum wr. wb. 

Haloo!!! Ketemu lagi nih di blog pribadi milikku!;) Gimana nih kabar kalian? Apa ada yang rindu sama blog punya ku? Mungkin rindu sama materi dari blog ku ini? Udahlah yah, aku gak mau panjang lebar lagi. Jadii... Blog kali ini bakal ngebahas tentang E-BOOK. Ada yang udah tau apa itu E-Book? Kalo ada yang belum tau, simak saja penjelasan berikut ini yah;)



A. Pengertian E-BOOK
E-Book singkatan dari Electronic Book adalah sebuah buku panduan dalam versi digital dimana buku tersebut dapat dibuka melalui alat elektronik. E-Book ini berupa file dengan Format bermacam macam, ada yang berupa pdf (Portable Document Format)  yang dapat dibuka dengan program Acrobat Reader atau sejenisnya. Ada juga yang berbentuk htm, yang dapat dibuka dengan Browsing/Internet.  Ada juga yang berbentuk format exe.

B. Fungsi E-BOOK
Adapun beberapa fungsi yang kita dapat jika menggunakan E-Book ini, antara lain sebagai berikut :

1) Salah satu alternatif media belajar.
2) Memuat konten multimedia didalamnya sehingga dapat menyajikan bahan ajar yang lebih menarik dan pembelajaran menjadi menyenangkan.
3) Sebagai media berbagi informasi.
4) Dapat disebar-luaskan secara lebih mudah, baik melalui media website, E-Mail dan media digital lainnya.
5) Seseorang dapat dengan mudah menjadi pengarang/peneebit.

C. Tujuan E-BOOK
E-Book juga memiliki beberapa tujuan, yakni sebagai berikut :

1) Memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk lebih mudah berbagi informasi. Dengan konten digital, penharang tidak perlu mendatangi penerbit.

2) Melindungi informasi yang disampaikan. Ketika kita membuat sebuah E-Book, kita bisa memberikan proteksi terhadap isi E-Book tersebut. Caranya yaitu dengan memberikan password khusus, sehingga hanya orang orang tertentu saja yang bisa membukanya. Selain itu, E-Book juga berbeda dengan buku biasa. E-Book tidak akan rusak, basah seperti buku, ataupun hilang.

3) Mempermudah proses memahami materi pelajaran. Para pelajar akan lebih mudah dalam belajar, karena tidak terlalu sulit dan tidak ribet.

4) Bisa menampilkan File multimedia (Audio dan Video). E-Book juga bisa dibuat lebih menarik dengan menambahkan audio ataupun video.

D. Jenis dan Format E-BOOK
Dalam E-Book, terdapat beberapa jenis E-Book dan format.  Beberapa macam jenis dan format tersebut antara lain, sebagai berikut :

1) ASW {Amazon World}
 Sebuah format propertary amazon, yang menyerupai format MOBI kadang kadang menyertakan Digital Rights Management (DRM),  pada format ini dikhususkan untuk Kindle Amazon.

2) EPUB {Electronic Publication}
 Format terbuka didefinisikan oleh forum Open Digital Book dari International Digital Publishing Forum (idpf). EPUB mengacu kepada standar XHTML dan XML. Ini adalah standar yang sedang berkembang.

3) KF8 {Format Kindle Fire dari Amazon}
 Hal ini pada dasarnya sama dengan prinsip EPUB yang disusun dalam pembungkus Palm Fire Database (PDB) dengan Digital Rights Management (DRM) milik Amazon.

4) MOBI {Format MobiPocket}
 Ditampilkan menggunakan perangkat lunak membaca sendiri. MobiPocket tersedia pada hampir semua PDA dan Smartphone.

5) PDB {Palm Fire Database}
 Dapat menyertakan beberapa format format buku digital yang berbeda, yang ditunjukkan untuk perangkat berbasiskan sistem operasi palm.

6) PDF {Portable Document Format}
 Diciptakan oleh Adobe untuk produk Acrobat merekaIni secara tidak langsung merupakan format yang digunakan untuk pertukaran dokumen. Beberapa perangkat memiliki masalah dengan PDF karena kebanyakan konten yang tersedia akan ditampilkan baik untuk format A4 atau surat, yang keduanya tidak mudah dibaca ketika diperkecil sesuai layar kecil. 

7) PRC {Palm Resource File} 

 Sering menyertakan e-book Mobipocket tapi kadang-kadang menyertakan E-Reader atau E-Book AportisDoc.

8) TPZ {Topaz File Extension} 

 Digunakan pada Amazon Kindle. Digunakan untuk membuat buku-buku tua dengan cepat, karena proses konversi pada dasarnya otomatis dari scan halaman dari sebuah buku, tetapi dengan kelebihan yaitu penyusunan teks (reflows) yang sangat baik.

9) HTML {Hyper Text Markup Language} 

 Banyak teks yang didistribusikan dalam format ini. Selain itu, beberapa pembaca E-Book mendukung Cascading Style Sheets (CSS) yang pada dasarnya gaya utama panduan untuk halaman HTML.

10) CHM {Compressed HTML} 

 Digunakan untuk file bantuan Windows. 

11) XHTML

 Versi khusus dari HTML dirancang agar sesuai dengan aturan konstruksi XML. Ini adalah format standar untuk data EPUB.

12) XML 

 Tujuan umum markup language untuk pertukaran data. Dalam konteks digital book umumnya terbatas pada XHTML dan RSS feed meskipun beberapa format lain yang telah ditetapkan.



Huffttt...... Akhirnya selesai juga yah:'( Cape loh ngetik sepanjang ini, meski yah nggk seluruhnya diketik. Tapi ya tetep aja capek, ya kan:) 

Maaf yah kalo ada salah kata dalam pembahasan ini dan terimakasih udah mau mampir di blog milikku;') 

Sekian

Wassalamu'alaikum wr. wb. 

Komentar

Postingan Populer