Perbedaan volatile dan non volatile

Assalamualaikum wr wb. 

Pada blog kali ini, kita akan membahas tentang volatile dan non volatile. Simak penjelasannya dibawah ini yahh

PENGERTIAN VOLATILE DAN NON VOLATILE MEMORY TERLENGKAP

Hasil gambar untuk volatile dan nonvolatile

Pengertian Volatile dan Non Volatile Memory Terlengkap – Volatile memory merupakan memory yang datanya dapat ditulis serta dihapus,tetapi akan hilang saat kehilangan power (kondisi off) serta membutuhkan satu daya dalam mempertahankan memory.
Non-volatile memory merupakan memory yang datanya datanya dapat ditulis serta
dihapus, tetapi data akan tetap ada walaupun dalam kondisi off serta tidak
membutuhkan catu daya. memory ini dikenal dengan temporary memory.
Contoh Volatile :

1.RAM.
RAM iyalah memori utama sebuah komputer, yang bertugas untuk menerima sebuah informasi kemudian menyimpannya untuk digunakan ketika imformasi itu dibutuhkan.
Kegunaan RAM antara lain iyalah sebagai perangkat penyimpanan informasi sementara. Informasi yang terdapat di dalam RAM dapat diakses dalam waktu yang tetap serta tidak memperdulikan letak data tersebut.

Contoh Non-Volatile :
1.ROM.
ROM iyalah sebuah contoh dari Progammable Logic Device, yaitu perangkat yang dapat diprogram untuk menyimpan sebuah informasi spesifik untuk perangkat keras komputer (Hardware). Kebutuhan akan memori yang begitu tinggi telah membuat berbagai macam teknologi baru ditemukan. Salah satu jenis memori terbaru yang dikatakan oleh sebagian orang akan menjadi memori yang paling dominan dimasa depan adalah MRAM, (Magnetoresistive Random Access Memory).
MRAM (Magnetoresistive Random Access Memory) iyalah sebuah non-volatile memori, yang  menggunakan muatan magnet untuk menyimpan data serta bukan muatan listrik seperti pada SRAM atau pun DRAM.
Kelebihan MRAM.
www.gurupendidikan.com/ MRAM memiliki beberapa kelebihan dibandingkan memori – memori sebelumnya.
Kelebihan-kelebihan tersebut antara lain iyalah:
• Teknologi MRAM (Magnetoresistive Random Access Memory) dapat mempertahankan keberadaan data yang disimpan pada sistem ketika supply energi dihentikan.
• Memiliki kecepatan tulis serta baca yang lebih cepat dibandingkan dengan teknologi lain termasuk Flash RAM maupun EEPROM serta FLASHDISK
berikut penjelasan lebih lanjut tentang Memory :
1. PROM
PROM (Programmable Read Only Memory) . PROM iyalah salah satu jenis ROM , sebagai alat penyimpan berupa memori (memory device) yang hanya untuk bisa dibaca isinya . PROM memang tergolong memori non-volatile, artinya program yang tersimpan di dalamnya tidak akan hilang pernah hilang walaupun komputer dimatikan  atau tidak mendapatkan daya listrik . Program yang tersimpan di dalamnya bersifat permanen. Biasanya digunakan untuk menyimpan program bahasa mesin yang sudah menjadi bagian hardware (perangkat keras) komputer.
2. EPROM
EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) .  EPROM iyalah jenis chip memori yang dapat ditulisi program secara elektris . Program atau informasin data yang tersimpan didalam EPROM dapat dihapus bila terkena sinar ultraviolet serta dapat ditulisi kembali. Kesamaannya dengan PROM iyalah keduanya merupakan jenis ROM, termasuk memori non-volatile, data yang tersimpan di dalamnya tidak bisa hilang walaupun komputer dimatikan,
3. EEPROM
EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory) . Seperti halnya PROM serta EPROM , EEPROM ini iyalah memori non-volatile.
EEPROM iyalah komponen yang banyak digunakan dalam komputer serta peralatan elektronik lain untuk menyimpan konfigurasi data pada peralatan elektronik tersebut. Kapasitas atau daya tampung simpan datanya sangat terbatas. Pada sistem hardware komputer, chip EEPROM umumnya digunakan untuk menyimpan data konfigurasi BIOS dan pengaturan (setting) sistem yang berhubungan dengannya.
4. Flash Memory
Flash memory , iyalah memori sejenis EEPROM yang memberikan banyak lokasi memori untuk dihapus ataupun  ditulisi dalam suatu operasi pemrograman. Flash memory tetap dapat menyimpan data tanpa memerlukan penyediaan listrik.

Sekian untuk penjelasannya dan semoga bisa membatu anda sekalian. Mohon maaf apabila ada kesalahan, sekian terimakasih.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Komentar

Postingan Populer